Minecraft - Diamond Sword TeamOreCraft INDONESIA: Apa Itu Minecraft Alpha, Beta dan Snapshots

Wednesday 26 February 2020

Apa Itu Minecraft Alpha, Beta dan Snapshots


Halo Crafter!
Mungkin kalian sebagai pemain baru pernah mendengar Minecraft Alpha, Minecraft Beta ataupun
Snapshots yang mungkin kalian tidak tau apa itu. Jadi kali ini gua akan memberikan sedikit penjelasan tentang Minecraft Alpha, Beta dan Snapshots.

Minecraft Alpha
Minecraft Alpha adalah versi awal Minecraft(setelah Indev) yang pastinya masih dalam pengembangan dan lebih tua dari Minecraft Versi Beta. Versi ini pertamakali dirilis pada 10 Juni 2010 dengan harga $13.00.

Pada versi ini hanya ada 1 mode permainan yaitu Survival. Selama fase ini, Minecraft selalu diperbaharui karena Notch bekerja penuh waktu untuk pengembangan Minecraft sejak 1 Juni 2010. Setiap minggunya selalu ada pembeharuan saat fase Alpha ini sampai ada 'perubahan besar' dalam 'Seecret' Friday updates membuat para pemain penasaran akan fitur-fitur baru yang diberikan.

Dalam versi Alpha juga terdapat beberapa biome yang beberapa sudah berganti nama, antara lain
Woods, Plains, Treeless Mountain, Woods Mountain, Beach, Ocean, Cactus Beach, Original (tanah lapang dengan beberapa pohon), Original Mountain, Overhang, dan Cliff.

Minecraft Beta
Minecraft Beta adalah fase pengembangan keenam dan terakhir yang menggantikan Alpha dan menandai rilis penuh Minecraft Java Edition. Beta dirilis pada tanggal 20 Desember 2010. Pada versi ini terdapat beberapa penambahan fitur seperti penambahan mode Creative, hujan dan salju.

Beberapa mob baru juga ditambahkan dalam versi ini seperti  squid, endermen, silverfish, cave spiders dan tameable wolves. Pada versi ini juga dikenalkan pada mekanika redstone baru seperti redstone repeaters, note blocks, dispensers, powered rails, detector rails, trapdoors, Improved redstone look, pistons dan sticky pistons.

Snapshot dan Pre-release
Adalah versi yang masih dalam pengembangan dan masih terdapat banyak bug dan perubahan, biasanya versi ini dijadikan versi 'uji coba' dan pihak pengembang mengharapkan masukan dari pemain terhadap versi tersebut seperti pelaporan bug sampai cocok atau tidaknya suatu fitur yang di sematkan pada snapshot tersebut.

Sedangkang Pre-release adalah versi finalnya snapshot yang sudah dirilis sebelumnya dan sudah siap untuk rilis sebagai versi aslinya. Walaupun versi ini sudah dapat dibilang final, tetapi masih ada kemungkinan adanya bug dan masalah lainnya dan pastinya diharapkan pemain segera melaporkannya jika menemui masalah ini sebelum akhirnya dapat dirilis.

Begitulah sejarah Minecraft dengan 'sangat' singkat. Kalau mau yang lengkapnya silahkan klik link dibawah ya.




Original Article :

No comments:

Post a Comment